Cara Membuat Bolu Karamel Mudah dan Simpel

cara membuat bolu, cara membuat karamel, resep bolu karamel

Hai kawan... Kita coba buat kue bolu yuk... Tapi bukan kue bolu biasa, kita akan mencoba membuat bolu karamel. Cara membuatnya tidak begitu sulit serta bahan-bahannya mudah didapat. Karena biasanya kita suka malas untuk membuat kue bolu yang memakai bermacam-macam resep bahan, apalagi proses pengerjaannya lama.
Yuk kita ikuti langkah-langkah pembuatannya....

Bahan-bahan:
> Terigu 1/4 kg
> Telur 1/4 kg atau 4 butir
> Margarin 100 gr
> Gula pasir 1/4 kg
> Susu kental manis coklat 2 sachet
> Santan 1 gelas
> Baking powder 2 sdm
> Vanili 1/2 sdt

Alat-alat:
> Cetakan loyang untuk kue bolu berbentuk bulat dan bolong dibagian tengah
> Wajan teflon ukuran besar
> Wadah untuk membuat adonan
> Mixer atau bisa pakai sendok biasa untuk mengocoknya
> kompor

Cara membuat adonan bolu:
Kocok terigu dan telur dalam wadah sampai halus. Masukkan susu kental manis coklat sambil terus diaduk. Lanjutkan dengan memasukkan baking powder dan vanili. Aduk rata.

Cara membuat adonan Karamel:
Panaskan gula dalam wajan teflon dengan menggunakan api kecil sampai mencair. Hindari penggunaan api yang terlalu besar, karena bisa membuat gula menjadi gosong. Setelah gula mencair, masukan santan secara perlahan dan aduk pelan sampai menyatu dengan gula. Lalu masukkan margarin hingga larut. Matikan api, tunggu karamel sampai dingin.

Setelah karamel dingin, campurkan ke dalam adonan bolu sambil diaduk sampai rata. Bersihkan wajan teflon dengan menggunakan kain lap. Olesi loyang bolu dengan margarin dan terigu, agar saat matang bolu tidak lengket di loyang. Masukkan adonan yang telah dicampur karamel ke dalam loyang bolu. Lalu bakar diatas wajan teflon dengan api kecil sampai membentuk lubang-lubang. Jangan tutup loyang bolu sebelum lubang-lubang tersebut terbentuk. Setelah muncul lubang, baru kita tutup loyang. Tunggu sekitar 10-15 menit. Dan bolu karamel siap dihidangkan.
Selamat mencoba.... :)

Lihat resep masakan bolu laiinya yaitu: Membuat Kue Bolu Kukus Pelangi Mudah

Keyword:

cara membuat bolu, cara membuat karamel, resep bolu karamel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

close
haii

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Jangan lupa share atau bagikan juga artikel ini ke teman-teman kamu dengan mengklik tombol-tombol di bawah ini :) Terimakasih!