Membuat Sate Kambing Sendiri dirumah

Membuat Sate Kambing Sendiri dirumah

Meskipun bukan bulan-bulan lebaran haji, tapi terkadang saya suka membuat sate dirumah. Seminggu yang lalu suami ingin makan sate kambing. Jadi, daripada harus beli dengan harga lumayan mahal dan satu tusuk paling cuma beberapa potong dagingnya, mending saya buat sendiri. Hasilnya juga lumayan banyak. Bisa dimakan rame-rame.. hehe
Nah, sekarang saya mau berbagi resep Membuat Sate Kambing Sendiri dirumah. Apa aja sih yang harus disiapkan?

Bahan sate:
1 kg daging kambing segar
3 siung bawang putih (haluskan)
2 cm jahe (haluskan)
Garam secukupnya
3 scht kecap manis
50ml minyak sayur

Bahan bumbu sate:
200 gr Kacang tanah (digoreng)
6 siung bawang merah (digoreng)
3 siung bawang putih (digoreng)
10 bh cabai rawit (digoreng)
2 sdt garam 
1 bh gula merah dipotong seperti irisan (diwarung biasa dijual Rp. 500)
3 scht kecap manis
3 bh jeruk limau/limo (untuk perasan)
250ml air
Jika suka tambahkan lalapan seperti daun kemangi dan daun selada.

Alat-alat:
Alat pembakar sate
3 plastik kecil arang
Tusuk sate secukupnya
Kipas


Cara:
Potong-potong daging kambing berbentuk dadu agak memanjang dan tidak terlalu tebal agar saat dipanggang cepat matang. Setelah itu cuci bersih daging kambing tersebut. Lalu lumuri daging kambing dengan bawang putih, jahe yang sudah dihaluskan dan beri garam. Kemudian aduk-aduk sambil diremas agar meresap. Diamkan beberapa saat.
Ambil tusuk sate yang bersih, lalu tusukkan daging kambing tadi sebanyak 5 potong per tusuknya atau sesuai selera. Begitu sterusnya sampai habis.
Siapkan piring, tuangkan kecap, minyak sayur, dan garam, aduk rata. Sisihkan.

Bumbu kacang:
Haluskan kacang tanah, bawang merah, bawang putih, cabai rawit, garam, gula merah, dan air dengan blender. Setelah itu, panaskan wajan berisi 1sdm minyak sayur diatas kompor. Tuangkan bumbu kacang yang sudah diblender tersebut ke wajan. Lalu aduk-aduk terus sampai meletup-letup. Kemudian angkat dan tuangkan kedalam wadah. Jika bumbunya terlalu kental, bisa tambahkan lagi sedikit air.

Proses pembakaan:
Siapakan alat pembakar sate dan masukkan arang. Ambil kertas bekas/plastik bekas lalu bakar diatas arang tadi agar api cepat menyala atau jika ada bisa langsung tuangkan minyak tanah ke arang. Kemudian kipas-kipas sampai api menyala. Jangan lupa bagian atas alat pembakarnya beri olesan minyak/margarin agar saat dibakar tidak terlalu lengket.
Setelah api mulai membesar, ambil sebagian daging kambing yang sudah ditusuk-tusuk tadi lalu letakkan dipiring berisi kecap manis, minyak sayur, dan garam sambil diguling-guling. Setelah itu, mulai dibakar sambil diberi olesan dari piring tadi. Lalu kipas-kipas terus sate sampai matang dan jangan lupa dibalik-balik ya. Begitu selanjutnya sampai semua sate dibakar.
Angkat sate yang sudah matang, lalu tuangkan bumbu kacang tadi diatasnya. Beri kecap dan perasan jeruk limau/limo. Jika ada taburi irisan bawang goreng. Selesai!!
Satepun siap dimakan bersama nasi serta lalapan daun kemangi dan daun selada.
Bagaimana, ingin mencoba Membuat Sate Kambing Sendiri dirumah juga? Silahkann..😊
Semoga bermanfaat..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

close
haii

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Jangan lupa share atau bagikan juga artikel ini ke teman-teman kamu dengan mengklik tombol-tombol di bawah ini :) Terimakasih!