Makanan Tradisional ( Resep Lontong Isi Tempe ) bisa juga diisi sayuran, lontong balap, mie, atau ayam dsb.

Makanan Tradisional ( Lontong Isi Tempe ) sayuran, mie, ayam, oncom

Fiuh..lelahnya setelah beraktifitas. Dari mencuci pakaian, mengepel, sampe memasak. Tapi saya senang bisa melakukan tugas-tugas ini. Eh, saya tadi siang coba-coba membuat lontong isi tempe ala saya sendiri. Hasilnya cukup enak menurut saya. Sebenarnya lontong isi itu bisa diisi dengan berbagai macam bahan makanan lain seperti sayur, mie, ayam dsb, namun sekarang saya akan share bgaimana cara membuat lontong yang berisi tempe. Dan rasanya pun tidak kalah enaknya dengan lontong isi yang lainnya. Teman-teman mau mencoba membuatnya? Yuk simak caranya...

Resep Lontong Isi Tempe:
Alat-alat:
- Kompor
- Dandang untuk mengukus
- wajan untuk tumisan tempe

Bahan Lontong:
- Beras 2 Gelas
- Tepung sagu 2 sendok makan
- Air untuk merebus 2 1/2 gelas
- Garam secukupnya
- Daun pisang 1 lembar

Bahan Tumisan Tempe:
- Tempe 1/2 papan (hancurkan)
- Minyak sayur 2 sendok makan
- Bawang merah 1 siung
- Bawang putih 1/2 siung
- Cabai rawit 4 buah
- Garam secukupnya
- Penyedap rasa secukupnya

Cara memasak Lontong:
Tuang beras yang sudah dicuci bersih dan air kedalam panci. Simpan panci diatas kompor dengan api sedang selama 20 menit. Setelah air rebusan tersisa sedikit, angkat panci tersebut. Masukkan tepung sagu dan garam. Aduk dengan centong kayu sampai tidak membentuk butiran nasi.
Bersihkan daun pisang kemudian jemur dibawah sinar matahari yang terik. Setelah itu potong-potong daun menjadi persegi.

Cara memasak tumis Tempe untuk isian:
Ulek bawang merah, bawang putih, dan cabai rawit. Tuang minyak sayur kedalam wajan dan panaskan. Setelah itu masukan bumbu yang telah diulek. Goreng setengah matang, lalu masukan tempe. Beri garam dan penyedap rasa, tumis hingga matang. Sisihkan.

Ambil 2 sendok makan adonan lontong, ratakan. Masukkan 1 sendok makan tumis tempe diatasnya. Kemudian tutup tempe dengan cara menggulung adonan. Bungkus dengan daun pisang. Letakkan dandang yang telah berisi air. Masukkan lontong kedalam dandang. Ulangicara tersebut sampai adonan habis. Kukus lontong selama 20 menit. Angkat dan lontong isi tempe siap dihidangkan. Hasil menjadi 11 buah.
Selamat mencoba ya............... :)
Mau tau resep masakan laiinya? Silahkan baca: Cara Membuat Bolu Karamel Mudah dan Simpel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

close
haii

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Jangan lupa share atau bagikan juga artikel ini ke teman-teman kamu dengan mengklik tombol-tombol di bawah ini :) Terimakasih!